Sabtu, 20 Maret 2010

Jerawat dan Cara Penanganannya

Apa itu Jerawat?

Jerawat atau acne vulgaris merupakan penyakit kulit umum yang menyebabkan bintil-bintil pada kulit. Jerawat bukanlah penyakit kulit yang berjangkit. Umumnya jerawat muncul di bagian wajah, leher, punggung, dada, dan pundak. Biasanya para remaja dan orang dewasa muda yang terkena jerawat, namun hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Jerawat bukanlah suatu penyakit berat, tapi bisa menyebabkan bekas luka atau lubang-lubang pada kulit.

Gejala-gejala Jerawat

Jika anda menemukan bintik-bintik putih atau hitam dan bintil-bintil atau bahkan gumpalan-gumpalan besar yang terasa perih di sekitar wajah, dagu, leher, punggung, dada maupun pundak, maka anda sudah terkena jerawat.

Apa penyebab Jerawat?

Jerawat disebabkan oleh minyak yang berlebihan karena pengaruh hormon (biasanya pada saat puber dan kehamilan) beserta kulit mati menyumbat pori-pori atau kantung-kantung rambut di bawah kulit. Kantung-kantung rambut bisa meradang dan meningkatkan jumlah bakteri kulit Propionibacterium acnes. Sebagian dari faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab. Stres tidak menyebabkan jerawat tapi bisa memperparah jerawat.

Klasifikasi Jerawat

Jerawat dibagi menjadi dua kategori yaitu jerawat ringan dan jerawat berat. Jerawat ringan diketahui jika penderita hanya memiliki sedikit titik-titik merah atau bintil-bintil di kulitnya. Sedangkan penderita yang mendapatkan ratusan bintil-bintil bahkan gumpalan-gumpalan besar yang terasa nyeri dikategorikan sebagai jerawat berat.

Penanganan Jerawat

Jagalah kulit anda agar tetap bersih. Hindari produk-produk untuk kulit yang dapat menutup pori-pori kulit. Basuh kulit dengan hati-hati sekali atau dua kali sehari dengan sabun atau produk pembersih jerawat. Jangan mencubit atau mencoba mengeluarkan bintil-bintil karena bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan bekas luka. Jika anda hanya mendapat jerawat ringan anda bisa mengunakan benzoyl peroxide atau asam salisil.

Menangani jerawat membutuhkan waktu. Tetaplah disiplin dalam perawatan selama 6 atau 8 minggu. Pantaulah proses perawatan, jika jerawat anda tidak sembuh selama 8 minggu, kunjungi dokter.

Penanganan Bekas Jerawat


Ada beberapa perawatan yang bisa meminimalisasi bekas jerawat. Konsultasikan dengan dokter. Perawatan ini tergantung pada tingkat bekas jerawat. Anda bisa bisa memperoleh tisu perawatan bekas luka atau dengan menggunakan kolagen. Kolagen membantu menyamarkan bekas jerawat dengan mengisi bagian bawah kulit. Anda bisa mendapatkan perawatan terbaik dari kombinasi berbagai perawatan.

Tidak ada komentar: